Perbekel

ABDUL GAFAR

Tempat Wisata Pantai Kampung Kusamba Klungkung Bali

  • 07 Januari 2017
  • Dibaca: 311 Pengunjung
Tempat Wisata Pantai Kampung Kusamba Klungkung Bali
Berlibur ke pantai sekaligus bisa mengenal sejarah di desa tempat pantai itu berada sangatlah menyenangkan dan menambah wawasan kita. Destinasi wisata seperti itu dapat kita temukan di Kampung Kusamba Klungkung. Selain bisa menikmati pantainya yang asri dan alami, kita juga bisa mengenal sejarah Kampung Kusamba di Klungkung. Untuk memudahkan mengingat nama pantainya maka diberi nama pantai Kampung Kusamba. Pantai Kampung Kusamba berada di sebelah barat pantai Segara Kusamba dan sebelah timur Pantai Monggalan. Bagi yang suka berburu fenomena matahari terbit (sunrise) pantai Kampung Kusamba dapat dijadikan pilihan alternatif anda untuk menikmati indahnya sang surya bangkit dari balik cakrawala di Bali Timur.
 
Dari bibir pantai kita bisa melihat gugusan pulau diseberang lautan. Di sini sambil duduk dengan angin yang sepoi-sepoi kita bisa menikmati indahnya laut dengan gugusan kepualau nusa penida. Siang hari kita bisa menyaksikan jukung-jukung yang berjejer dengan rapi di pinggi pantai karena pantai ini merupakan pantai nelayan.
 
Kampung Kusamba merupakan kampung muslim di Bali dan menjadi kampung muslim pertama di Klungkung. Orang pertama yang menyebarkan agama Islam di kampung yakni Habib Ali Bin Abubakar Bin Umar Bin Abubakar Al Khamid. Makam beliau ada di desa ini, tepatnya di pinggir pantai. Kehidupan masyarakat muslim dengan masyarakat Hindu di Desa Kusamba berjalan begitu harmonis dan berdampingan. Selain makam yang bersejarah, di desa Kusamba juga bisa ditemukan al-Qur’an tertua, yang hampir berusia 400 tahun. Jadi ketika anda berkunjung ke pantai Kampung Kusamba, anda tidak hanya dibuat terpesona dengan keindahan pantainya, tapi juga muatan sejarahnya. Lokasi dan Cara Akses Pantai Kampung Kusamba
 
Lokasi tempat wisata Pantai Kampung Kusamba berada Di Kampung Kusamba, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Bali. Dari obyek wisata Goa Lawah hanya berjarak 2,9 km (8 menit perjalanan), dari tempat wisata Kertha Gosa (Kota Semarapura) hanya berjarak 7,4 km (16 menit perlajanan), dari denpasar hanya berjarak 33 km (57 menit perjalanan), dan dari Bandara Ngurah Rai hanya berjarak 45,6 km (67 menit).
 
Akses menuju tempat wisata pantai Kampung Kusamba sangatlah mudah karena jalan untuk sudah diaspal dengan sangat baik sekali. Berikut cara mengakses tempat wisata pantai Kampung Kusamba dari Bandara Ngurah Rai. Begitu keluar dari kawasan bandara, ambil jalan ke By Pass Ngurah Rai menuju Sanur melalui jalan Tol Bali Mandara hingga ketempat wisata Patung Titi Banda.
 
Dari patung titi Banda menuju jalan By Pass Prof Dr Ida Bagus Mantra ke Timur hingga ke perempatan Kusamba – Semarapura – Goa Lawah, kemudian belok ke kanan menuju jalan Kusanegara. Dari perempatan ini kira-kira menempuh jarak 2,6 km (4 menit perjalanan) belok ke kanan untuk menuju Jalan Kusanegara.
 
Tepat di depan Kantor Perbekel Desa Kusamba (samping pasar Desa Kusamba) terdapat pertigaan. Lalu belok ke kiri dan ikuti jalan tersebut maka anda akan sampai di kawasan pantai Kampung Kusamba.
  • 07 Januari 2017
  • Dibaca: 311 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita